Fisika Asyik

Fisika Asyik

Senin, 24 November 2014

SOAL DAN PEMBAHASAN TENTANG HUKUM NEWTON


1.    Sebuah bola karet dijatuhkan ke atas lantai. Gaya apakah yang menyebabkan bola Itu memantul?
JAWAB:
Molekul-molekul pada lantai melawan/menolak bola saat menumbuk lantai dan mendorong balik bola ke atas. Gaya yang bekerja sebenarnya disebabkan oleh gaya-gaya antara molekul-molekul yang mengijinkan bola tetap utuh dan mencegah bola untuk menembus lantai. Sebagai catatan, untuk bola yang dapat menembus kaca jendela, bahkan sampai memecahkannya, gaya-gaya molekulernya tidak cukup kuat.

2.     Seorang atlet angkat besi (weightlifter) berdiri di atas sebuah timbangan berat badan. Ia mengangkat barbel ke atas dan ke bawah. Apa yang terjadi terhadap pembacaan skala timbangan ketika ia melakukan gerakan itu? Apa yang terjadi jika ia cukup kuat untuk membuang barbel itu ke atas? Bagaimanakah pembacaan skala timbangan itu berubah karena gerakannya itu?
JAWAB:
Ketika barbell itu dapat diangkat, seorang lifter mengerjakan gaya ke atas ke pada barbell tersebut, dan skala timbangan menunjukkan gaya yang lebih besar yang dikerjakan lantai pada lifter dan barbell secara bersamaan. Ketika beban telah berada di atas kepala lifter (dikatakan berada di posisi puncak), skala menunjukkan nilai yang lebih kecil dari nilai rata-rata. Jika beban tersebut dapat bergerak ke atas, pengangkat besi dapat dengan leluasa melempar beban, sehingga jawaban kita dapat juga diterapkan pada kasus ini.

3.    Tunjukkanlah pasangan aksi-reaksi pada situasi-situasi berikut: Seseorang yang sedang berjalan; sebuah bola basket yang mengenai punggung seorang pemain; penjaga gawang yang menangkap bola; angin yang menghantam jendela.
JAWAB:
Ketika seseorang melangkah, gaya aksi adalah gaya yang dikerjakan oleh kakinya pada tanah/Bumi; reaksi adalah gaya yang dikerjakan tanah/Bumi pada telapak kakinya. Pada kasus kedua, aksi adalah gaya yang dikerjakan bola basket pada punggung pemain; reaksi adalah gaya yang dikerjakan oleh punggung pemain itu terhadap bola basket. Ketiga, aksi adalah gaya yang dikerjakan oleh telapak tangan penjaga gawang pada bola; reaksi adalah gaya yang dikerjakan bola pada telapak tangan. Keempat, aksi adalah gaya yang dikerjakan pada jendela oleh molekulmolekul udara; reaksi adalah gaya yang dikerjakan pada molekul udara oleh jendela. Kita dapat juga membalik aksi dan reaksi pada setiap kasus tersebut.

4. Sebuah balok 4 kg diam pada saat t = 0. Sebuah gaya tunggal konstan yang horizontal Fx bekerja pada balok. Pada t = 3 s balok berpindah 2,25 m. Hitunglah gaya Fx  ?
       JAWAB : 

    5. Sebuah balok dengan gaya tunggal horizontal 8 N. Pada t = 5 sekon balok berpindah 3,5 m. Hitunglah  massa dari balok tersebut ?
      JAWAB :

    6. Sebuah benda meluncur sepanjang lantai horizontal dengan kelajuan awal 5 m/s. Benda berhenti setelah meluncur 2,5 m. Carilah koefisien gesekan kinetik ?
      JAWAB :
7 . Dua buah benda masing-masing bermassa 2 kg dan 3 kg digantung dengan seutas tali melalui sebuah katrol yang massanya diabaikan. Hitunglah percepatan kedua benda dan tegangan talinya?
JAWAB :

     8. Dua balok A dan B yang bermassa masing-masing 3 kg dan 7 kg didorong dengan gaya 30 N seperti gambar di bawah. Bila g = 10 m/s, hitung percepatan dan gaya kontak yang bekerja pada benda pertama?
JAWAB :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar